By: Sigrit Rahayu

#runningissharing

 

OMG... OMG... I finished BDG Ultra
 
Memang tidak target macam2 di BDG Ultra karena waktu latihan 2 bulan yang 1 bulannya benar2 off karena ga ada maid, menjadikan latihan tidak maksimal. Senewen menunggu coach finish plus lihat grafik jalurnya bikin perut mules dan asam lambung naik, beruntung ada om BH dan Angga yang comforting sangat. Malamnya utak atik race plan dengan Angga, race plan harus dibuat betapapun takutnya gw, baiklahh i know me, 7jam 30menit pasti sampai. Ini lah pentingnya mengenal diri dan membuat target terukur dan reasonable untuk diri sendiri.
 
Menunggu coach dari sore sempat lihat Taofik Hidayat, pemuda Bandung, podium 1 60K finish, lalu kami ngobrol karena memang kenal dekat, dia Brand Ambassador Magicbite, fuelingnya carbonya pakai magicbite only,  beliau ikut ITB ULTRA, sempat titip kalau ada yang berkenan sponsorin hoka Bondi, untuk race berikutnya ini. 
 
Coach finish jam 11 malam, gw kurang tidur karena the new ultra runner meriang setelah finish jadilah menjaga kesayangan sampai entah mungkin jam 2 pagi. Bangun jam 5, mual.. senewen itu datang lagi, langsung tenggak obat, sarapan, dan teh pait hangat. 
 
Start... Semua lari... Gw speed walk, tidak terpancing yang lari di depan.. karena sesungguhnya buat gw 25K itu jauh, dan gw udah jauh2 kesini COT panjang, gw mau nikmatin jalurnya. Alhasil menjadi 5 orang terakhir, tapi kuncinya adalah keep calm dan keep going. Benar saja, di tanjakan KM4, gw mulai menyusul pelari yang tersengal2 habis napas dan keram di tanjakan, 1, 2, 4... Sampai di WS 1 KM 7,6 pas 2jam, right on schedule, menyusul sekitar 10orang... Well not bad for a speed walker. 
 
Banyak berkenalan dengan teteh2 dan aa2 dijalan, begitu gw bilang "saya dari Skolari", nada mereka langsung berubah, "ohhhh Skolari yaaa" gantian gw yang terkesima, ternyata orang2 ini antusias dan kepoin skolari, bahkan pada minta Skolari buka cabang di Bandung "iya mbak, buka di Bandung dong, untuk kami yang ga punya induk macam gini"... Baiklah bersabar yaa, pasti akan ada di Bandung, sekarang baru sampai Bogor, Insha Allah Skolari ada di seluruh Indonesia.
 
Melanjutkan perjalanan dari WS dengan godaan cuanki tapi harus DNF, kembali nanjak dan ada titik dimana harus benar2 manjat. Kembali susul2an dengan satu mbak2 ternyata langganan magicbite. "Mbak, jalannya kok cepet banget, aku yang lari aja ga kekejar dari tadi, apalagi ditanjakan, kok ga brenti2, kayak happy banget? Latihannya gemana deh?" Saya kurang latihan mbak, makanya niatnya jalan aja, cuma sempat longrun 4x ke sentul... "Mbak ini endurance nya ada ini, napasnya ga habis2 saya perhatikan" kata si bapak yang satu lagi teman seperjalanan ke WS 2 KM 15, iya pakk saya latihan jaga HR, lalu gw dongeng Mafetone sampai dekat WS. Cuma pas check point gw kebelet pipis banget, melipir ke warung penduduk lalu melanjutkan perjalanan ketinggalan lagi di belakang. Tapi ya krn jalan terus berhasil juga ketemu si mbak itu tadi di tanjakan sebelum WS 2... Hai mbakkk.... "Ya ampun udah disini, cepet banget nyusulnya" lalu kami masuk WS2 bareng, 15 menit lebih awal dari jadwal bisa duduk dan makan popmie plus pipis di kebun belakang WS2. Ada bapak2 lagi yang nyamperin: " aku seneng lihat mbak ini loh bahagia dan menikmati sekali" ohh bapak, you have no idea betapa nangis2nya gw latihan di Paniisan. Check out bareng ber 4 orang srikandi trail. Melanjutkan perjalanan 4Km tanjakan sampai
KM 20. 
 
Lepas itu turunan batu lepas dan kebun teh, mereka ngebut, saya jalan aja, masih nyusul 3-4 orang lagi plus  melipir di tengah2 kebun teh yang panas buat pipis. Mulai panas menyengat, enkle yang 4x keplitek mulai sakit... Km 23 Mulai mual, males makan... Damn mulai heatstroke, mental game sekali... Untung jalur masuk kebawah kebun teh... Balik adem dikit... Lama2 energy balik lagi..emotional banget lihat paving block dan suara mc di finish line.. langsung benerin rambut, lipat topi, telp coach: I'm in... Be ready. Abis itu jogging sambil mewek, trus begitu liat pertigaan.. langsung pasang cengdem biar ga keliatan abis nangis, lari sampai finish, dan pasang pose yang udah gw pikirin sepanjang perjalanan 25K tadi. 7 jam 35 menit, i did it just on target, my target, my timing.
 
Kuncinya: pasang plan sesuai kemampuan, just keep moving, disiplin fueling tiap 30menit, hidrasi 15menit sekali. Dan pikirin hal diluar race.