By: Rinaldi Usman ( Founder Skolari ) 

Berlari sebagai pemanasan, rutinitas dan perlombaan

Hampir semua kita pernah dan sering melakukan olahraga berlari, apalagi mereka yang sudah biasa ikut lomba marathon 5,10, Half Marathon dan Full Marathon. Namun  tahukah anda bahwa kegiatan berlari terdiri dari beberapa klasifikasi :
1. Berlari sebagai pemanasan.
Berbagai kegiatan olahraga seperti sepakbola, bola basket, bela diri dan lainnya menjadikan aktivitas berlari sebagai pemanasan. Pemanasan ini dilakukan sebelum melakukan senam, latihan inti dan teknis. Jarak lari pemanasan biasanya berkisar antara 1-2 km saja.
2. Berlari sebagai rutinitas
Berlari sebagai kegiatan rutin bertujuan untuk menjaga kebugaran, kesehatan dan bersosialisasi. Biasanya berlari rutin dilakukan 3-4 kali seminggu dengan jarak lari 5-6 km. Karena sifatnya yang rutin, maka tidak diperlukan  kecepatan ekstra dalam melakukan lari jenis ini. Minimal waktu yang dibutuhkan adalah 20 menit tanpa henti.
3. Berlari dalam perlombaan
 Berbeda dengan jenis berlari sebagai pemanasan dan rutinitas, berlari dalam perlombaan memerlukan teknik, strategi dan persiapan khusus. Seseorang tidak bisa atau sangat beresiko jika ikut berlomba dalam ajang event marathon tanpa teknik, strategi dan persiapan yang memadai. Akibat yang fatal dapat terjadi. Persiapan yang harus dilakukan meliputi : cek kesehatan, istirahat yang cukup, teknik dan strategi yang bergantung pada jenis event dan medan berlari yang akan dihadapi. Dibutuhkan min  1-2 bulan pelatihan sebelum mengikuti perlombaan berlari.
Apapun jenis kegiatan berlari anda, baik itu untuk pemanasan, rutinitas dan perlombaan, kita semua membutuhkan pelatihan yang memadai agar :
1. Mendapatkan manfaat berlari secara maksimal
2. Mencegah terjadinya cedera
Bergabunglah bersama @skolari.id untuk berlatih secara benar, sehat dan bahagia. Jadwal latihankami setiap Kamis sore pukul 18.30 dan Sabtu pagi pukul 6.30. di GBK gate 5 area 6A @Dreezel Coffee . Terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya