By: Gun Gun Heryanto (Running Enthusiast) 

 

Kamis malam ( 12/09/2019 ) saya mencicipi kebersamaan dengan berolahraga di GBK, tentu dengan Skolari.id. Banyak teman bertanya, kenapa saya memilih berlari dengan komunitas? Ada 3 alasan. Pertama di komunitas bisa saling berbagi soal cara hidup sehat, bukan semata soal berlari. Kedua di Skolari.id kita bisa berlari dengan ilmu, tidak hanya soal running form tetapi juga soal jantung, otot dll. Tentu dengan Coach berpengalaman. Ketiga, hal yang lebih fundamental lagi yakni semangat kekitaan. Kebersamaan yang kerap meletupkan kebahagiaan. Semangat komunitarianisme. 

 

Saya jadi teringat tulisan Amitai Etzoni di bukunya "The Spirit of Community: Reinvention of American Society ( 1993 ), bahwa prinsip komunitarian ini berupa kesepakatan manusia untuk menciptakan moral baru kehidupan sosial dan keteraturan pubilik berdasarkan pada penguatan nilai kebersamaan, tanpa puritanisme dan penindasan. Yang penting dari prinsip ini, kita perlu mengimbangi nilai keakuan yang telah berakar dengan nilai-nilai kekitaan yang bersifat komunitarian. 

Singkatnya, semangat komunitarian bisa menguat sambil kita menjaga hidup sehat. Itulah inti pandangan saya saat dimintai testimoni tentang @skolari.id oleh @giattri_brilliant. Viva Skolari.id

#KataGGH #healthylife #runningissharing #skolari.id