By: Wahyu Hari Rahmanto (Running Enthusiast)
 
Sebelum gabung skolari di awal Jan 2019, ga pernah ngebayangin ikut race FM bahkan sampai 3 kali, race terjauh sebelumnya cuman 15k di Danamon Run 2017 itupun 1km menjelang finish kaki terasa berat dan ngelock alias kram. Diawal tahun 2019 saya bertekad untuk ikut FM sekali saja seumur hidup ketika umur 40 tahun. Keinginan itupun seakan bersambut dengan ajakan teman2 sepelarian Danamon Runner untuk gabung Skolari di awal Jan 2019. Ajakan gabung ke Skolari menambah PD dan motivasi utk bisa menyelesaikan misi yg sudah saya buat. Latihan rutin kamis malam dan sabtu pagi saya ikuti dan bahkan race2 pendek 5k dan 10k juga sering kali saya ikuti.
Ketika ada pendaftaran race Mayor FM di Indonesia saya langsung daftar spt PSBM, Jakmar dan Bomar. Berharap di salah satu race FM tsb saya bisa Finish under COT bukan DNF. Ketika ada Training Plan untuk PSBM saya langsung ikut dgn bimbingan para coach handal Skolari khususnya coach Valast. Dan akhirnya di tgl 28 Jul 2018 Virgin FM pun saya peroleh dgn catatan waktu 05:15:52, misipun akhirnya terpenuhi walaupun belum pernah sama sekali ikutan race HM.
Setelah itu sempat utk tidak ingin ikut race FM Jakmar dan Bomar. Namun ketika menjelang race Jakmar keinginan muncul kembali utk berlari sejauh 42k lagi dan akhirnya saya berlatih sendiri tapi tetap berdasarkan TP PSBM sebelumnya walaupun memang sering waktu latihan berbenturan dengan pekerjaan yg sedang menumpuk. Krn latihan yg kurang maksimal maka hasil Jakmar tgl 27 Oct 2019 finish di 05:49:19. Selang 3 minggu kemudian FM Bomar menunggu, di tengah2nya ada race Danamon Run tgl 10 Nov 2019 dimana boleh menentukan finish sesuai pilihan sendiri maka saya yg blm pernah ikutan HM berniat menjadikan race tsb menjadi virgin HM sekaligus latihan long run terakhir sebelum tapering Bomar. Tgl 17 Nov 2019 akhirnya FM terakhir yg saya daftar di tahun ini, dgn persiapan latihan yg seadanya tapi dasar nekad dan tetap latihan reguler di skolari memang sangat berpengaruh di race yg baru saja selesai 17 Nov 2019, FM ke 3 tahun ini 05:53:05.
Ini ceritaku mana ceritamu. Latihan tdk akan mengkhianati hasil.. Trust your training @skolari.id